2.19.2013

TIPS MEMPERMUDAH PENCARIAN DI GOOGLE

tips mempermudah pencarian di google
Tips Mempermudah Pencarian Di Google

TIPS INTERNET


INILAH CARA MEMPERMUDAH PENCARIAN MENGGUNAKAN GOOGLE


Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar pencarian menggunakan Google bisa lebih efektif. 
Berselancar di internet tanpa memakai search engine seperti Google bisa membuat kita tersesat dalam rimba belantara informasi. Tapi tahukah Anda untuk menghindarinya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pencarian bisa menjadi lebih mudah? 

Beberapa tips di bawah ini patut Anda diperhatikan saat melakukan pencarian menggunakan Google.
 
1. Semua kata yang dimasukkan dalam search box bakal digunakan untuk pencarian.

2. Google tak mengenal huruf kapital atau tidak. 

Anda tak perlu menulis "Presiden Soekarno" untuk mencari "presiden soekarno" karena dua kata tersebut tak berbeda sama sekali oleh mesin pencari yang dipakai Google.
 
3. Tanda baca seperti: @#$%^&*()=[] akan diabaikan Google. 
Agar pencarian Anda bisa menemukan hasil yang lebih baik, disarankan:
 
1. Sederhanakan kata kunci
Contohnya Anda mencari gedung perpustakaan nasional Jakarta. Anda hanya cukup mengetikkan "perpustakaan nasional jakarta". Tak perlu menulis "alamat perpustakaan nasional jakarta?"
 
2. Carilah kata yang cocok
Sebagai robot yang selalu berkeliaran ke berbagai halaman web dan mengindeks jutaan situs, search engine hanya mencocokkan kata kunci yang Anda cari dengan konten dari situs yang ada. 

Hal ini membuat penggunaan bahasa yang umum digunakan lebih tepat. Contohnya "coffee maker" akan menemukan lebih banyak hasil pencarian ketimbang "mesin pembuat kopi".
 
3. Sederhanakan pencarian
Cobalah mensederhanakan apa yang tengah Anda cari dengan prasyarat yang sedikit. Seperti "laporan cuaca jakarta hari ini" bisa diganti "cuaca jakarta".
 
4. Memilih kata penjelasan. Semakin unik kata penjelasan yang Anda masukkan, semakin relevan pula hasil yang bakal didapatkan. Sebagai contoh jika Anda mencari restoran masukkan kata penjelasan yang sesuai seperti Anda maksud misalnya restoran sunda, restoran eropa, restoran vegetarian dan sebagainya. 

Google mengenal elemen prioritas.

Anda bisa menggunakan tanda "" jika ingin mencari dengan kata kunci seperti: biografi "John F Kennedy" maka pencarian bakal diprioritaskan kepada biografi tentang "John F Kennedy". 

Pengkondisian terhadap kata yang tidak diperlukan.

Penggunaan tanda minus (-) yang ditempatkan di depan kata kunci akan menyingkirkan hasil dari pencarian yang mengandung kata tersebut. Misalnya "search engine" -yahoo dengan menggunakan query seperti ini hasil yang Anda dapatkan adalah search engine selain Yahoo. 

Konten berkorelasi

Penggunaan asterik (*) dalam pencarian akan menghasilkan konten yang relatif mengenai kata kunci yang kita masukkan. Sebagai contoh Anda memasukkan query "prj*jakarta" maka hasil yang keluar adalah Jakarta Fair, Jakarta International Expo's Website, Arena Pekan Raya Jakarta dan yang sejenisnya. 

Tidak ada komentar

Posting Komentar